TENTANG KAMI

  • Bersatu
  • Berdoa
  • dan Berkarya

Nojorono Kudus, merupakan salah satu perusahaan pelopor rokok kretek di Indonesia. Nojorono *baca: No-Yo-Ro-No didirikan pada 14 oktober 1932 oleh Ko Djee Siong dan Tan Djing Thay dan berpusat di Kota Kudus, Jawa Tengah. Nojorono Kudus yang dikenal sebagai pemilik merek dagang Minak Djinggo dan Clas Mild, saat ini menduduki posisi kelima dalam industri rokok terbesar di Indonesia.

Sejarah

1932

14 Oktober 1932, Firma Nojorono didirikan oleh Koo Djee Siong dan Tan Djing Thay, berbentuk Commanditaire Vennotschap. Pabrik rokok pertama didirikan keluarga di bekas Gudang kapuk Desa Godi, Pati Utara dan memproduksi salah satu Sigaret yang dikenal sampai dengan saat ini dengan nama Minak Djinggo.

1934

Seiring dengan pertumbuhan firma Nojorono, pabrik dipindahkan ke kota Kudus yang dikenal sebagai kota kretek.

1968

Kesuksesan generasi pertama membangun fondasi bisnis dilanjutkan oleh generasi kedua, yaitu Liem Khee Thwan (Benediktus Dewansjah Batihalim), Djie Ing Khing (Ignatius Riadinata Pamudji), dan Tjoa Boen Swie (Subianto Djuhadi).

1971

Perusahaan menempati kantor pusat yang berlokasi di Jl Sudirman, Kudus, yang kemudian di tahun 1996, mengalami renovasi untuk meningkatkan optimalisasi kegiatan operasional perusahaan. Hingga saat ini, operasional perusahaan berlokasi di tempat yang sama

1973

Firma Nojorono mengukuhkan perusahaan menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan berganti nama perusahaan ; PT Nojorono Tobacco Company Limited.

1984

Nojorono meluncurkan Minak Djinggo Special 14 batang yang merupakan produksi kategori Sigaret Kretek Mesin (SKM) pertama yang dibuat perusahaan.

1990

Secara berkala, dimulai tahun 1990 tongkat estafet kepengurusan kembali bergulir dan dipercayakan kepada generasi ketiga keluarga Nojorono, yaitu Stefanus JJ Batihalim, Harsono Djuhadi, John. D. Kusuma, Arifin Pamudji, dan L. Surya Djuhadi.

2003

Nojorono meluncurkan Clas Mild, kategori Sigaret Kretek Mesin Mild (SKMM) dengan Low Tar Low Nicotine. Dalam kurun waktu dua setengah tahun, Clas Mild diterima sangat baik oleh konsumen dan menduduki peringkat kedua penjualan terbaik.

2019

Nojorono meluncurkan produk Clas Mild Silver, varian lain dari kategori SKMM. Clas Mild Silver memberikan rasa halus dan nikmat dengan tembakau dan cengkeh pilihan terbaik.

2020

Nojorono melahirkan Minak Djinggo Rempah. Produk yang diluncurkan di tengah pandemi ini, menjadi salah satu upaya Nojorono dalam menjamin keberlangsungan lapangan kerja dan bergeraknya roda ekonomi masyarakat.

VISI


Menjadi salah satu Perusahaan yang "Best Managed" di industri, yang memiliki tanggung jawab sosial dan kesadaran pada lingkungan.



MISI


Menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan (Stakeholders), melalui pertumbuhan dan Profitabilitas yang berkelanjutan, dalam ikatan kekeluargaan yang erat dan bermartabat.

WARISAN PENDIRI

“kita BERSATU, BERDOA dan BERKARYA”

Berkiprah selama lebih dari delapan puluh delapan tahun, Nojorono Kudus berbekal prinsip warisan leluhur “Bersatu, Berdoa dan Berkarya: ”yang ditanamkan oleh pendiri dan diterapkan turun temurun oleh seluruh elemen perusahaan. Bersatu: diartikan sebagai kebersamaan yang merupakan satu tekad dan keyakinan sebagai tumpuan dan dasar yang kokoh untuk melandasi kekuatan perusahaan. Berdoa: untuk menghadirkan kekuatan yang besar dari Sang Pencipta untuk senantiasa mendampingi, melindungi dan meridhoi setiap langkah yang ditempuh Nojorono. Berkarya: melalui semangat berkarya yang tercipta dari kesungguhan hati akan terwujud hasil yang baik, bernilai dan berdaya guna bagi seluruh elemen di dalam Nojorono.


F.A.I.T.H

Bercermin pada sosok karakter Krishna muda, Nojorono menerapkan lima nilai utama kepada seluruh pemangku kepentingan di perusahaan. F.A.I.T.H yang mengandung makna; Fraternity, semangat kekeluargaan menjaga keharmonisan dalam persaudaraan untuk saling bersinergi. Accountability, bertanggung jawab melayani sepenuh hati dan dengan integritas. Innovation, mendorong adanya inovasi dan kreativitas dengan semangat peningkatan dan penyempurnaan tiada henti. Trustworthy, dipercaya, saling hormat, sopan dan mempunyai motivasi diri yang tinggi. High performance, terus mengejar kinerja yang tinggi demi terciptanya pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan.

Arti kata Nojorono


Kekuatan nama NOJORONO dalam aksara Jawa memiliki esensi sebagai refleksi sosok Krishna Muda, yang direpresentasikan dalam sebuah ungkapan luhur “Cipta, Karsa, Rasa dan Cahya”.

CIPTA
Kekuatan pikiran dan imajinasi dalam berkreasi.
KARSA
Hikmat dalam mewujudkan cita-cita.
RASA
Kepedulian pada lingkungan sosial dan wawasan hidup.
CAHYA
Harapan yang selaras dengan visi dan misi perusahaan.


Kata NOJORONO mengandung arti ; didirikan (ONO) oleh para pendiri sebagai tempat untuk berkarya (KARYO) , dengan segenap jiwa (ROSO) agar bisa terus bersinar (NOER) dan menjadi berkat bagi sesama.

NO
Nadyan ora kasad mata pasti ana.
Meskipun tidak nampak oleh mata, tetapi ia pasti ada.
(CIPTA)
JO
Jangkane mung jenak jemjeming jiwaraga.
Rencana tindakannya, bertahan tenteram didalam
kebesaran jiwa.
(KARSA)
RO
Rasakena rakete lan angganira.
Rasakanlah eratnya dengan badanmu.
(RASA)
NO
Nur candra, warsitaning candara.
Pengharapan manusia hanya selalu ke Cahaya Illahi
(CAHYA)