MEDIA & PUBLIKASI

  • Melihat apa yang tidak dilihat orang lain...


PT NOJORONO PEDULI PANDEMIK COVID-19





08 February 2021

Press Release (untuk disiarkan segera)
PT NOJORONO PEDULI PANDEMIK COVID-19

JAKARTA, 20 April 2020 - Menyikapi pandemik global Covid-19, PT Nojorono mewujudkan kepeduliannya dalam bentuk pemberian donasi kepada pemerintah daerah Kudus – Jawa Tengah berupa Alat Perlindungan Diri, masker kain dan fasilitas sanitasi (disinfeksi dan hand sanitizer). Bentuk kepedulian ini juga merupakan dukungan PT Nojorono pada pemerintah daerah kota Kudus.

“Pemberian donasi ini merupakan sambutan dukungan PT Nojorono terhadap ajakan bersama yang disampaikan PLT Bupati Kudus tempo laiu. PT Nojorono berharap donasi ini dapat memberikan kontribusi dalam penurunan tingkat wabah khususnya di kota Kudus dan Jawa Tengah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pandemik yang dihadapi harus diatasi melalui upaya preventif bersama masyarakat dan perusahaan dalam mempertahankan roda ekonomi negara di masa mendatang”
Stefannus JJ Batihalim, Direktur PT Nojorono

Dalam memaksimalkan donasi APD supaya tepat sasaran dan menghindari penyalahgunaan, dalam pendistribusian donasi, PT Nojorono bekerjasama dengan Badan Penanggunggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus. Donasi yang telah disiapkan akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit umum maupun swasta, diantaranya adalah RS Mardi Rahayu, RS Miriam dan RSUD Kudus.

Bentuk donasi lain yang dipersiapkan oleh PT Nojorono yakni berupa kegiatan penyemprotan disenfektan berkala di beberapa fasilitas umum dan ruang publik. Fasum yang disasar diantaranya di Pasar Menur dan Pasar Mijen, kegiatan ini bertujuan untuk membantu Dinas Kesehatan dalam peningkatan frekueunsi kegiatan penyemprotan guna menjaga efektivitas disenfeksi.

Selanjutnya, donasi yang diberikan berupa hand sanitizer yang saat ini semakin langka dan telah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Pemberian donasi dipersiapkan secara matang dan dipastikan tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

Dalam rangka mendukung pemerintah dalam mempertahankan roda perekonomian, PT Nojorono mengambil inisiatif dalam hal Pemberdayaan masyarakat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). PT Nojorono bersama Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) melakukan inisiatif untuk mendonasikan sejumlah masker kain yang diperutukkan bagi para pejuang pandemik yakni supir ojol serta pedagang pasar. FKDK sendiri merupakan organisasi pengembangan masyarakat disabilitas sejak tahun 2014 yang saat ini memiliki 70 anggota tuna daksa yang produktif pada home industry konveksi.


PT Nojorono menyikapi pandemik global wabah virus COVID-19 dalam perusahaan

Sebagai perusahaan yang patuh terhadap kebijakan yang dibuat pemerintah, PT Nojorono mendukung penuh upaya preventif sesuai himbauan Presiden Republik Indonesia yang dipaparkan pada konferensi pers di Istana Bogor, Minggu 15 maret 2020 lalu untuk focus berkegiatan di dalam rumah sampai dengan kondisi dinilai cukup kondusif.

“PT Nojorono menyikapi serius himbauan Social Distancing yang kerap digaungkan pemerintah. Kebijakan dan peraturan perusahaan yang diberlakukan saat ini, merupakan salah satu bentuk tindakan preventif yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penurunan tingkat wabah virus COVID-19.”
L. Surya. Djuhadi, Direktur PT Nojorono

Jumat, 20 Maret 2020 lalu, PT Nojorono mulai memberlakukan peraturan dan kebijakan perusahaan berupa beberapa protokol tindakan preventif. Hal ini merupakan upaya bersama karyawan dalam menekan penyebaran wabah virus Covid-19. Dalam penerapannya, perusahaan tetap mengedepankan kesehatan, keselamatan serta kinerja karyawan.

Salah satu kebijakan yang diberlakukan PT Nojorono adalah penerapan sistem operasional pembagian jadwal kerja dari rumah secara bergantian (split operations). Kebijakan jam kerja yang diberlakukan seutuhnya dilakukan tanpa mengurangi hak karyawan terhadap upah bulanan.

Mendukung kebijakan dan peraturan tersebut, dalam lingkungan kerja juga turut digaungkan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengecekan thermometer gun, hand sanitizer, dan pengadaan masker kain untuk semua karyawan. Adapun peraturan yang diberlakukan dalam hal penerimaan tamu dan pertemuan internal maupun eksternal dihentikan sementara waktu. Penggunaan masker dan sarung tangan juga diterapkan khusus bagi petugas keamanan di lingkungan kerja. PT Nojorono mengemukakan secara tegas, bilamana kebijakan dan peraturan yang dibuat tidak diterapkan sesuai dengan ketentuan maka karyawan akan ditindak tegas dan diberikan sanksi.

“Bilamana didapati karyawan terindikasi demam , PT Nojorono mengarahkan untuk segera dipulangkan dan memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat guna deteksi dini. Selanjutnya, untuk karyawan yang didapati tidak melakukan physical distancing di area kerja juga akan diberikan sanksi.”
FX Sri Martono, HR Director PT Nojorono


PT NOJORONO TOBACCO INTERNATIONAL

Firma Nojorono berdiri pada tanggal 14 Oktober 1932, berbentuk Commanditaire Vennootschap, di Kota Pati. Di sinilah cikal bakal PT. Nojorono Tobacco International atau PT. N.T.I. dimulai. Seiring dengan pertumbuhan bisnis yang makin pesat di kala itu, pada tahun 1934 pabrik dipindahkan ke Kota Kudus. Lompatan besar terjadi di tahun 1973, saat Firma Nojorono berganti status menjadi perseroan terbatas, dan nama perusahaan menjadi PT. Nojorono Tobacco Company Limited.

Terobosan berikut dari perusahaan ini adalah diluncurkannya Clas Mild, produk LTLN di tahun 2003, yang kemudian melesat menjadi nomor dua terbesar dalam pangsa pasarnya, hanya dalam waktu dua tahun.

Berbagai penghargaanpun diraih oleh PT. N.T.I., di antaranya: Top Brand Award – Clas Mild, Category Mild Kretek Cigarettes, Frontier Consulting Group and Marketing Magazine; PT. N.T.I. as The Most Powerful Account Management Index in Cigarette Category, Mix Marketing Communication, SWA Magazine; Gold Winner for Contest/ Competition Activation Category, Mix Marketing Communication as The Program Owner of Clas Music Heroes.

Saat ini PT. N.T.I. menduduki posisi TOP 5 Player dalam industri sigaret di Indonesia. Dengan nilai-nilai F.A.I.T.H. yaitu: Fraternity, Accountable, Innovation, Trustworthy dan High performance, PT. N.T.I. akan terus berkarya untuk Negeri dan menjadi Good Corporate Citizen.    

For more info & inquiries:
Public & Media Relations
PT. Nojorono Tobacco International




« Back