MEDIA & PUBLIKASI

  • Melihat apa yang tidak dilihat orang lain...


Nojorono bakal perkuat produk rokok SKT tahun depan





11 December 2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atawa cukai rokok pada tahun depan diprediksi bakal menekan penjualan produsen-produsen rokok terdampak. Meski begitu, perusahaan rokok dengan brand Nojorono ini masih optimis dalam menyongsong bisnis pada tahun depan.


Managing Director Nojorono, Arief Goenadibrata mengatakan, pihaknya akan memperkuat dan memperluas pasar Sigaret Kretek Tangan (SKT) pada tahun depan. Saat ini, Nojorono sudah memiliki portofolio produk Minak Djinggo dan Minak Djinggo Rempah pada lini produk SKT.


“Mengingat produk SKT tidak mengalami kenaikan tarif, hal ini menjadikan momentum Nojorono untuk mengambil peluang supaya meningkatkan pasar SKT,” kata Arief kepada Kontan.co.id, Jumat (11/12).


Seperti diketahui, tarif cukai untuk Sigaret Kretek Tangan (SKT) baik untuk golongan I A, IB, II A maupun II B tidak mengalami kenaikan. Kenaikan tarif cukai hanya ditetapkan untuk golongan Sigaret Kretek Mesin (SKM) naik sebesar 16,9% (SKM I), 13,8% (SKM II A), dan  15,4% (SKM II B) serta pada golongan Sigaret Putih Mesin (SPM) yang naik  18,4% (SPM I),  16,5% (SPM II A) dan  18,1% (SPM II B).


Meski begitu, Arief tidak menampik bahwa kenaikan tarif cukai juga akan memengaruhi pendapatan bisnis Nojorono, sebab perusahaan juga memiliki lini produk Clas Mild dan Clas Mild Silver pada segmen golongan SKM. Walhasil, harga produk-produk SKM perusahaan bisa meningkat pada tahun depan.


Oleh karenanya, selain memacu penjualan SKT, Nojorono juga akan berupaya meningkatkan kualitas produk-produk perusahaan.


“Dengan adanya kenaikan harga, tentunya produk yang dijual pun harus memiliki nilai tambah. Hingga saat ini sudah ada (produk) yang diperbaiki dan beberapa di antaranya sedang tahap proses perbaikan kualitas untuk produk Nojorono,” ujar Arief.


Sejauh ini, Arief tidak menyebut berapa proyeksi kenaikan harga-harga produk SKM Nojorono seiring adanya kenaikan tarif cukai pada tahun depan. Yang terang, Arief memastikan bahwa kenaikan harga produk Nojorono akan mengacu dan mengikuti regulasi Harga Jual Eceran (HJE) yang ditetapkan pemerintah.


Source: Kontan https://industri.kontan.co.id/news/nojorono-tobacco-international-bakal-perkuat-produk-rokok-skt-tahun-depan



« Back