MEDIA & PUBLIKASI

  • Melihat apa yang tidak dilihat orang lain...


Nojorono Bersatu Melawan Pandemi





20 June 2021

Lonjakan tinggi kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus menjadi sorotan utama pemerintah. Nojorono Kudus bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus menyikapi situasi dengan sigap vaksinasi. Pemberian vaksin diutamakan bagi karyawan perusahaan dan masyarakat desa sekitar pabrik, upaya ini dilakukan guna memastikan keberlangsungan kegiatan operasional dan produksi perusahaan tetap berjalan. Bentuk dukungan kerjasama yang diberikan Nojorono Kudus berupa penyediaan fasilitas titik kumpul vaksinasi serta keterlibatan ribuan pekerjanya untuk menerima vaksin.


Gagasan vaksinasi turut didukung dan difasilitasi oleh Team Kesehatan Mabes Brimob Polri, Dokkes Polda Jateng, Poliklinik Polres Kudus, Klinik Kartika Sehat dan Klinik Srikandi Husada. Kegiatan vaksinasi yang digelar tertutup, turut dihadiri jajaran manajemen Nojorono Kudus serta kepala desa Kaliwungu, Garung dan Panjungan. Berlokasi di kantor pusat Nojorono Kudus, proses berjalan tertib dan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang berlaku. Kompol dr. Andri Wongso Kusumo, Sp.B yang yang saat ini bertugas di Badan Intelijen Brimob turut hadir pada kegiatan, memaparkan, “Vaksinasi menjadi program pemerintah dalam memaksimalkan safe immunity masyarakat. Nojorono Kudus menjadi perusahaan IHT pertama di wilayah Jawa Tengah yang kami ajak kerjasama. Fokus vaksinasi diperuntukkan bagi karyawan yang sebagian besar berasal dari masyarakat desa sekitar pabrik”


Dalam kesempatan yang sama, Kompol dr. Andri Wongso Kusumo, Sp.B berpesan bagi seluruh perusahaan untuk meninjau kembali kesiapan dan meningkatkan prosedur baku penanganan Covid-19 bagi pekerjanya, “Kami menghimbau perusahaan untuk penyediaan fasilitas dan tenaga medis di lingkungan kerja. Mengiatkan secara rutin untuk cek kesehatan berkala kepada seluruh pekerja. Fasilitas kesehatan sederhana dengan tenaga ahli akan sangat membantu dalam deteksi dini guna menekan angka peningkatan kasus Covid-19”  


Nojorono Kudus menyambut baik upaya preventif melalui vaksinasi, hal ini merupakan wujud nyata dukungan cepat tanggap pemerintah dalam penanganan pandemi khususnya dalam kluster lingkungan kerja.  Yulius Setiarso, HR Manager PT Nojorono Tobacco International mengemukakan pendapatnya, “Jaminan kesehatan dan keselamatan pekerja tentunya menjadi prioritas perusahaan. Tindak lanjut vaksinasi, kami teruskan dengan himbauan berkala kepada seluruh karyawan untuk meningkatkan kedisiplinan standar prokes di lingkungan kerja dan tempat tinggal.”


Lebih lanjut, CSR Department Head, PT Nojorono Tobacco International, T. Sugiyanto, menambahkan, “Nojorono Kudus berterima kasih dan apresiasi bagi petugas pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Kami akan terus mendukung segala upaya pemerintah dalam penanganan pandemi” 


Kudus, dikenal sebagai kota kretek menyerap banyak tenaga kerja yang berasal dari masyarakat setempat khususnya di Industri Hasil Tembakau (IHT). Dedy A. Wibowo selaku Production Manager, PT Nojorono Tobacco International berpendapat, “Meningkatnya kasus Covid-19 bila tidak segera ditangani akan berdampak pada keberlangsungan kegiatan produksi perusahaan IHT, terbilang sebagian besar pekerja kami merupakan warga setempat sekitar pabrik. Vaksinasi menjadi salah satu upaya preventif dalam menjaga keberlangsungan produksi dan berputarnya roda bisnis. Patut disadari pentingnya ragam upaya yang dilakukan bersama bagi pemulihan perekonomian di tengah pandemi.”


Lebih lanjut, vaksinasi kedua akan dilangsungkan di tempat yang sama pada 7 Juli 2021. Vaksin berjenis Sinovac ini diberikan kepada seluruh golongan pekerja berusia minimal 18 tahun.


« Back